Branding Adalah Hal Yang Wajib Di Pahami Oleh Semua Pengusaha. 

Jika ada yang mengeluarkan statement ‘Branding adalah hal yang wajib dipahami semua pengusaha’ menurut anda kenapa?

Bayangkan ada dua kedai kopi buka bersamaan. Kita namakan saja Kedai A dan Kedai B.

branding coffee shop

Kedai A selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik, mulai dari segi kualitas rasa hingga pelayanan namun memutuskan untuk tidak membuat rencana macam-macam, mendesain logo seadanya, tidak pernah beriklan, jarang memberikan diskon dan strategi marketing lainnya. 

Sedangkan kedai B, mulai awal buka langsung menggempur seluruh channel pemasaran baik offline maupun online untuk melakukan promosi. Dari membuat logo yang menarik, hingga konten-konten yang terencana dan sistematis selama 12 bulan kedepan.

Terlepas dari kopi siapa yang lebih enak, 2 tahun kemudian kedai A gulung tikar dan kedai B ternyat telah membuka cabang baru. 

Jadi, menurut anda, sebenarnya Branding adalah apa sih? 

Pada tulisan kali ini kita akan membahas pengertian Branding secara general. 

Mari kita mulai!

Pengertian Branding

Secara umum, branding adalah sebuah proses dalam tahapan strategi penjualan yang dilakukan untuk memudahkan konsumen dalam mengenali produk atau jasa yang anda tawarkan.

proses dan tahapan branding

Ada banyak cara yang bisa ditempuh, mulai dengan pemilihan nama, desain logo, hingga simbol-simbol tertentu. Tujuannya selain untuk mengidentifikasi produk anda, namun juga untuk membedakannya dengan produk atau jasa lain yang ada di pasaran. 

Sederhananya, jika ingin usaha anda sukses, Jangan pernah sepelekan proses Branding.

Branding adalah sebuah proses dalam tahapan strategi penjualan yang dilakukan untuk memudahkan konsumen dalam mengenali produk atau jasa yang anda tawarkan

Namun jangan terkecoh antara kata brand dan branding

Branding memang berasal dari kata brand yang artinya adalah merk. 

Namun kata branding sendiri lebih mengacu pada segala upaya yang dilakukan untuk mengkomunikasikan brand anda agar lebih dikenal dan diingat banyak orang. 

Apakah branding hanya sebatas logo dan promosi? Tentu saja tidak. Ada berbagai macam variable dalam proses branding yang umum dilakukan oleh para pelaku usaha, mari kita simak beberapa diantaranya :

1. Brand

Sebelum terlalu jauh berbicara tentang strategi pemasaran yang lain, pada tahapan paling awal, tentukan nama yang paling sesuai yang kira-kira mampu merepresentasikan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dan ini adalah identitas terpenting dan fundamental yang dapat membedakan produk Anda dengan yang lain.. 

2. Desain logo

Setelah menemukan nama yang sesuai, terjemahkan nama tersebut menjadi sebuah logo yang khas, unik, dan menarik.

Secara umum, manusia bereaksi lebih positif saat melihat gambar, sehingga pastikan desain logo yang Anda buat mudah diingat (memorable) dan telah sesuai dengan karakter dari produk atau perusahaan Anda. 

Tips : Mendesain logo bukan perkara mudah, pastikan jangan sepelekan hal ini, karena pemilihan logo yang baik akan berpengaruh terhadap kemajuan usaha anda nantinya. Jika anda belum memiliki pengalaman dalam mendesain, anda bisa meng hire freelancer yang memberikan jasa desain logo dengan harga yang negotiable. 

3. Tampilan visual

Baik, anda telah memilih nama yang terbaik, juga telah memiliki desain logo. Sekarang beralih ke tahapan bagaimana caranya Anda mengemas produk menggunakan tampilan visual yang menarik. 

Jangan beranggapan jika yang dimaksud dengan tampilan visual hanya tentang “kemasan” dari produk Anda. 

Tampilan visual juga termasuk didalamnya ciri khas warna yang lekat dengan identitas perusahaan, bagaimana desain dan warna seragam karyawannya, hingga bahkan desain kemasan produk itu sendiri. 

Beberapa perusahaan berskala raksasa, baik dalam kategori start-up teknologi maupun perusahaan konvensional sekelas General Electric, semuanya sangat lekat dengan tampilan visual tertentu hingga tanpa melihat tulisannya pun, kita dapat mengenali brand mereka tanpa kesulitan.

Ingat! Desain produk atau jasa anda dengan tampilan visual yang unik & kreatif dengan tujuan untuk memudahkan semua orang untuk mengidentifikasi, membedakan, dan mengingat brand anda.

4. Juru bicara

Juru bicara yang dimaksud adalah orang yang lekat dengan identitas perusahaan, baik itu dari internal maupun hasil kerja sama dengan pihak luar, yang berfungsi untuk mendongkrak pemasaran produk. Orang tersebut dapat meliputi banyak hal, bisa founder atau tokoh terkemuka dari perusahaan, artis, atau  orang terkenal. 

5. Slogan, tagline maupun jingle perusahaan

Jika anda pendengar spotify, saya yakin anda familiar dengan jingle-jingle startup ecommerce yang diputar berulang-ulang (jika anda menggunakan spotify versi gratis tentunya)

Pernahkah Anda ketika mengingat suatu brand tertentu, yang keluar di benak Anda pertama kali adalah serangkaian kata-kata yang selalu muncul dalam seluruh media promosi dari perusahaan tersebut? Apabila jawaban anda iya, maka perusahaan tersebut telah berhasil membuat slogan yang mampu terpatri di dalam pikiran.

Saat membuat tagline, usahakan pilih kata-kata yang fleksibel dan tidak mudah “usang” oleh perkembangan zaman. 

Tujuannya agar frasa tersebut masih akan tetap relevan walau usia perusahaan Anda telah puluhan tahun.

Secara umum, hampir semua produk memiliki masa tayang yang terbatas, namun sebaliknya dengan branding, jika dikelola dengan benar akan mampu bertahan selamanya. 

Saat anda telah benar-benar berhasil mengemas Brand anda, seluruh proses pemasaran akan jauh lebih mudah.

Selain memudahkan calon konsumen dalam mengidentifikasi produk anda, ada beberapa keuntungan besar yang akan anda dapatkan apabila memiliki branding yang baik.

Jadi, apa saja contohnya?

Membuat perusahaan Anda lebih dipercaya

Branding yang baik akan membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional dan meyakinkan.

Profesionalitas disini akan menjadi benefit intangible bagi anda dalam menjalin network yang baik dengan klien potensial maupun pihak-pihak lain yang dapat membawa keuntungan bagi perusahaan.

Selain itu, secara naluri, orang akan lebih senang bekerjasama dengan perusahaan yang dianggap profesional dan dapat dipercaya. Bahkan jika perusahaan Anda baru berdiri dan belum memiliki portofolio yang banyak. 

Sebagai bentuk Pemasaran yang berkelanjutan

Iklan dan promosi adalah salah satu bentuk usaha branding yang sangat mendasar. Semua usaha WAJIB beriklan, bagaimanapun caranya. Anda bisa melakukan dengan sederhana sebatas menyebarkan pesan berantai melalui whatsapp grup, atau membuat video iklan berbiaya lumayan untuk membentuk image produk dan usaha anda.

Harapannya tentu saja dengan menerapkan iklan, maka brand anda akan terpapar secara terus menerus. 

Hal ini tentu saja akan menjadikan perusahaan Anda jauh lebih dikenal dan menonjol dibandingkan kompetitor lainnya di industri yang sama.

Lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan baru

Disadari atau tidak, masyarakat akhir-akhir ini terbiasa digempur informasi tentang berbagai brand, semua berlomba-lomba menarik perhatian anda. 

Tidak tanggung-tanggung, beberapa brand bahkan menerapkan branding diseluruh kanal pemasaran. Mulai dari media konvensional seperti televisi, billboard dan poster di pinggir jalan, hingga media sosial dengan pengeluaran yang sangat masif.

Dari sekian banyak informasi, menurut anda brand manakah yang akhirnya akan dibeli oleh masyarakat? Jawabannya tentu saja adalah Brand yang memiliki citra paling kuat.

Dengan memiliki strategi branding yang kuat, produk Anda akan melekat sebagai efek top of mind. Brand anda telah menjadi sesuatu yang langsung terlintas di benak masyarakat.

Ambil contoh produk Anda adalah ayam goreng.

Maka ketika orang sedang lapar dan ingin menyantap ayam goreng, yang ada di pikiran mereka adalah produk milik Anda.

Tentu saja, efek ini sangat kuat pengaruhnya dalam proses pengambilan keputusan yang pada akhirnya berujung pada profit bagi usaha Anda.

Selain itu, efek top of mind akan melahirkan word of mouth atau promosi dari mulut ke mulut. 

Saat seorang konsumen suka dan loyal pada produk Anda, maka dengan bersemangat  mereka akan bercerita kesemua orang terdekatnya tentang pengalaman mereka setelah menggunakan brand anda, dan ini teman, adalah goal utama semua Brand di dunia.

Ingat! rekomendasi orang terdekat adalah strategi paling puncak dalam penjualan. 

Branding mampu meningkatkan nilai bisnis perusahaan

Apakah anda tahu coca-cola mengeluarkan 56 Miliar rupiah setiap tahunnya untuk biaya branding dan promosi? 

Lalu apakah anda tahu jika nyaris 50% dari seluruh nilai valuasi perusahaan coca-cola yang bernilai 1,1 Triliun ada pada brand value yang dimilikinya. Jadi andaikan besok mereka memutuskan untuk mengganti nama menjadi kula-kula, mereka sama dengan membakar uang sebanyak kurang lebih 500 Miliar rupiah 🙂

Dalam industri apapun, branding mampu meningkatkan nilai bisnis anda untuk periode waktu yang tak terbatas di masa mendatang. Jadi, pastikan jangan pernah menyepelekan Branding.

Menumbuhkan rasa memiliki di kalangan karyawan

Di era modern seperti sekarang, banyak orang yang tak hanya sekedar ingin mendapatkan pekerjaan namun juga menemukan tempat dimana mereka merasa terlibat secara penuh dan merasa memiliki perusahaan tersebut.

Dari sisi perusahaan, branding dapat menjadi semacam “pengikat” agar semua orang, mulai dari staff hingga direksi, bekerja dengan satu visi dan misi yang sama yang akhirnya bertujuan agar perusahaan dapat mencapai tujuannya.

Jadi bagaimana menurut anda? Masih beranggapan Branding sebagai proses yang biasa-biasa saja? Jika anda adalah pengusaha atau sedang berpikir untuk memulai usaha. Rencanakan produk atau jasa anda secara sistematis, bertanyalah kepada teman anda yang lebih mengerti, atau cari jasa desainer grafis di kota anda yang benar-benar mampu membantu anda untuk membangun sebuah Brand yang baik.

Butuh Desainer Grafis?

Saya dapat membantu proyek & usaha anda tampak lebih baik dan professional.

Chat Whatsapp

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h4″ question-0=”Sebenarnya pengertian Branding apa sih?” answer-0=”Branding, menurut definisi, adalah praktik pemasaran di mana perusahaan menciptakan nama, simbol, atau desain yang mudah diidentifikasi sebagai milik perusahaan. Tujuannya adalah membantu mengidentifikasi sebuah produk dan membedakannya dari produk atau layanan yang lain.” image-0=”” headline-1=”h4″ question-1=”Seberapa penting Branding untuk sebuah usaha?” answer-1=”Sangat penting! Branding bukan hanya tentang membuat kesan, tetapi juga membuat pelanggan atau klien Anda mengetahui apa yang diharapkan dari perusahaan Anda. Branding adalah cara membedakan diri Anda dari pesaing, memperjelas jasa / produk yang Anda tawarkan serta mampu menjelaskan kenapa Anda adalah pilihan yang lebih baik.” image-1=”” headline-2=”h4″ question-2=”Jadi, area apa saja yang bisa di Branding di usaha saya?” answer-2=”Macam-macam, mulai dari iklan video, desain sosial media, sales tool dan tentunya logo. Semua elemen Branding ini bekerja bersama untuk membentuk satu kesatuan profil profesional (harapannya) menarik perhatian.” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=”branding”]

Leave a Reply